Buah apel merupakan buah yang cukup populer dan banyak digemari oleh banyak orang.

Selain rasanya yang segar, juga karena ada begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari makan buah apel untuk kesehatan tubuh.

Ini karena memang buah apel mengandung banyak nutrisi yang berlimpah dan sangat menguntungkan untuk tubuh. Di dalam buah apel nyaris tak ada kandungan lemak sedikitpun dan sangat rendah kalori.

Justru apel sangat kaya akan kandungan serat antioksidan, flavonoid, air, kalium, vitamin C, pektin, serta asam ursolat. Di dalam buah apel juga ada kandungan karbohidrat, vitamin A, K dan juga asam folat.

Buah apel bisa dimakan secara langsung, di jus, atau bahkan dibuat salad buah. Semuanya tidak banyak mempengaruhi kandungan nutrisi dalam buah apel yang bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut sejumlah manfaat makan buah apel yang bisa diperoleh tubuh, diantaranya

1. Menjaga Kesehatan Usus

Buah apel yang masih fresh kaya akan kandungan serat, baik yang larut maupun tidak larut dan sangat baik untuk membantu memperlancar BAB. Supaya bisa mendapatkan segudang manfaat dari makan buah apel tersebut, disarankan untuk memakan buah apel beserta kulitnya tanpa perlu dikupas.

Pasalnya, kulit apel justru lebih kaya akan kandungan serat dan juga antioksidan. Disamping itu, kandungan pektin dalam buah apel tersebut bisa memberi nutrisi untuk bakteri baik yang ada di saluran cerna. Sehingga mampu menjaga dan memelihara fungsi pencernaan tetap optimal.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat makan buah apel selanjutnya jika  rutin dikonsumsi minimal 2 buah setiap hari ialah mampu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung serta menurunkan kolesterol. Selain itu juga, mengurangi adanya penyumbatan dan juga peradangan di dinding pembuluh darah arteri.

Manfaat luar biasa tersebut berkat adanya kombinasi antara serat yang larut dalam lemak, diantaranya seperti pektin, lalu fitonutrien yakni nutrisi nabati, serta antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah terjadinya penumpukan kolesterol di bagian lapisan dinding pada pembuluh darah.

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat makan buah  apel selanjutnya adalah mengurangi adanya resiko penyakit diabetes. Hal ini karena buah apel mempunyai indeks glikemik yang cukup rendah, karenanya sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Ditambah lagi kandungan fitonutrien di dalam buah apel juga mampu membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Senyawa fitonutrien ini diduga mampu membantu menekan terjadinya lonjakan kadar gula dalam darah dengan cara merangsang sel-sel di organ pankreas untuk bisa memproduksi hormon insulin.

Lalu menghambat enzim di saluran pencernaan yang fungsinya mengubah karbohidrat jadi gula sederhana, serta mengurangi adanya penyerapan gula secara berlebihan di dalam aliran peredaran darah.

Senyawa antioksidan dalam buah apel juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan organ pankreas. Sejumlah penelitian menunjukkan manfaat makan buah apel secara rutin bisa menurunkan risiko munculnya komplikasi penyakit kardiovaskular pada para penderita diabetes.

Akan tetapi, sangat disarankan untuk selalu berhati-hati saat mengkonsumsi apel terlebih jus apel dalam kemasan. Selalu rajin dan telitilah untuk memeriksakan kadar gula dalam darah, terutama jika Anda seorang penderita diabetes.

Meminimalkan Risiko Kanker

Menurut sejumlah penelitian, manfaat makan buah apel secara rutin setiap hari minimal satu buah adalah berkurangnya resiko terserang berbagai jenis kanker. Misalnya saja kanker paru-paru, kolorektal, kerongkongan, mulut, hingga payudara.

 Manfaat tersebut mungkin saja diperoleh dari kandungan senyawa antioksidan yang tinggi dalam buah apel yang mampu mengurangi peradangan. Meski demikian, masih butuh penelitian secara medis lebih lanjut untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut secara maksimal.

Membantu Meningkatkan Kesehatan Otak

Buah apel juga mengandung antioksidan yang bernama flavonoid dan kuersetin. Keduanya mampu mengurangi terjadinya kematian sel saraf yang terjadi akibat penuaan.

Senyawa antioksidan yang cukup tinggi tersebut bisa didapat dari kulit apel terlihat sangat mampu menjaga fungsi memori sekaligus memelihara dan menjaga kesehatan otak. Sejumlah penelitian menyebutkan jika manfaat makan buah apel secara rutin memberikan efek yang luar biasa dan mampu menurunkan risiko penyakit degeneratif seperti alzheimer dan juga stroke.

Menjaga Berat Badan Ideal

Sejumlah penelitian menunjukkan jika mengkonsumsi buah apel 3 kali sehari bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. Bahkan dalam waktu selama 12 minggu bisa membantu menurunkan berat badan jika rutin mengkonsumsinya.

Manfaat makan buah apel ini didapat dari kandungan serat dan air yang berlimpah di dalamnya. Sehingga bisa merasa kenyang lebih lama dan mampu membuat porsi makan berkurang.

Mengurangi Masalah Bau Mulut

Di dalam buah apel memiliki kandungan pektin, senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi masalah bau mulut dan meningkatkan produksi air liur sehingga mampu membersihkan mulut.

Agar dapat mendapatkan manfaat dari buah apel tersebut secara lebih optimal, pilihlah buah yang masih segar, berwarna terang, tak terlihat memar, juga memiliki tekstur yang padat.

Perhatikan Cara Penyajian dan Penyimpanan Buah Apel

Kandungan nutrisi dalam buah apel bisa tetap terjaga jika diletakan di dalam kulkas yang bersuhu 2 sampai 4° Celcius. Disarankan untuk tidak menelan biji apel saat mengkonsumsinya. Sebab, biji buah apel memiliki kandungan racun sianida dan jika dikonsumsi bisa mengakibatkan kondisi yang cukup fatal.

Jangan lupa juga untuk mencuci serta menyikat buah apel langsung di bawah air yang mengalir seperti keran. Karena ini untuk menghilangkan sisa-sisa lilin dan jiga pestisida yang tertinggal pada buah.

Demikian tadi informasi menarik tentang manfaat makan buah apel yang ternyata cukup banyak sekali. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan secara menyeluruh. Namun perlu diingat untuk tetap mengimbanginya dengan konsumsi makanan bernutrisi lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *