Sayuran sawi sering sekali hadir di berbagai hidangan kuliner, salah satunya mie ayam dan bakso. Sayuran hijau yang satu ini memberikan rasa segar di setiap masakan. Rupanya sayuran sawi tak hanya sekadar sebagai pelengkap hidangan. Tapi juga sangat baik untuk kesehatan karena nutrisinya yang berlimpah.

Sawi hijau bisa jadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Pasalnya sayuran hijau yang satu ini kaya akan vitamin penting bagi tubuh, disamping itu juga rendah kalori. Sawi hijau juga menjadi sumber kalsium, zat besi, seng, magnesium, mangan, kalium, selenium, folat, protein, serta serat yang sangat baik untuk mendukung kesehatan pencernaan sekaligus memperbaiki kualitas kesehatan secara menyeluruh. Apa saja manfaat dari sayur sawi hijau? Simak rangkuman berikut selengkapnya.

1. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Manfaat sayuran sawi hijau yang pertama adalah menjaga tekanan darah lebih stabil. Hal ini karena kandungan mineral seperti kalsium, kalium, dan juga magnesium yang cukup berlimpah di dalam sayuran sawi hijau. Kandungan mineral tersebut mampu membantu menjaga tekanan darah tetap stabil secara alami. Sejumlah bukti menunjukkan jika mengkonsumsi kalium sekitar 4,700 mg setiap harinya bisa membuat tekanan darah akibat asupan tinggi natrium jadi menurun. Sebagaimana yang kita ketahui, tekanan darah tinggi bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Misalnya saja pembekuan sel darah di bagian otak yang memicu terjadinya pendarahan otak.

2. Menjaga Jantung Sehat

Di dalam sayuran sawi hijau terkandung berbagai nutrisi seperti kalium, asam folat, vitamin B-6 dan vitamin C sekaligus rendah kolesterol. Hal ini mampu membantu mendukung kesehatan jantung. Sementara asam folat dan vitamin B6 mencegah terjadinya penumpukan senyawa homocysteine yang berlebih di tubuh. Hal tersebut bisa merusak jaringan pembuluh darah hingga menyebabkan berbagai masalah di organ kardiovaskular.

3. Menguatkan Tulang

Kandungan fosfor, zat besi, seng, kalsium, magnesium, serta vitamin K di dalam sayuran sawi hijau bisa berkontribusi untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan struktur maupun kekuatan tulang. Seng dan zat besi dan berperan sangat penting dalam proses produksi serta pertumbuhan kolagen untuk menjaga persendian. Sementara fosfor dan juga kalsium, keduanya sangat penting dalam pembentukan struktur tulang. Sedangkan vitamin K berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar kalsium di dalam tulang.

4. Mencegah Peradangan

Kandungan selenium yang ada di dalam   sawi hijau bisa meningkatkan respon dari kekebalan tubuh terhadap adanya infeksi. Hal tersebut dilakukan melalui rangsangan produksi dari sel-T yang mampu melakukan identifikasi hingga membunuh bakteri maupun serangan virus. Kolin di dalam sawi hijau juga membuat sel-sel di dalam tubuh turut menjaga bentuk membantu menyerap lemak dan serta mengurangi terjadinya peradangan kronis.

5. Mencegah kanker

Manfaat sayur sawi hijau serta berbagai jenis sawi lainnya yang juga tak kalah luar biasa ialah mampu mencegah munculnya kanker. Pasalnya di dalam sawi hijau terdapat sifat antikanker. Asam folat juga berperan penting dalam produksi sekaligus perbaikan DNA. Sehingga mampu mencegah munculnya sel kanker karena ada mutasi DNA. Sawi hijau juga kaya kandungan vitamin C, E, dan juga beta-karoten yang bersifat antioksidan. Karenanya mampu membantu melindungi dan menjaga sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh adanya radikal bebas.

6. Bagus untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat selanjutnya dari sayuran sawi hijau berkaitan dengan kesehatan kulit. Ini karena sawi hijau memiliki  kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan produksi kolagen. Kandungan tersebut yang berperan aktif untuk bisa mendapatkan kulit yang sehat dan juga kencang. Kandungan ini merupakan nutrisi yang cukup penting karena kaya antioksidan yang mampu mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat sinar matahari, asap, dan juga polusi. Kandungan tersebut juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang berperan untuk menghaluskan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

7. Menyehatkan Organ Penglihatan

Sawi hijau termasuk sayuran yang memiliki kandungan vitamin C, Vitamin K, beta-karoten dan juga selenium yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata. Secara khusus, kandungan beta-karoten mampu menjaga saluran koroner pada mata. Serta memberikan perlindungan dari adanya pembentukan katarak hingga glaukoma. Konsumsi sawi hijau secara rutin berkaitan dengan pencegahan munculnya degenerasi makula.

Demikian tadi informasi tentang manfaat sayur sawi hijau untuk kesehatan. Dari mulai menjaga tekanan darah tetap stabil hingga menjaga kesehatan mata. Semuanya bisa didapat dengan konsumsi rutin dan diimbangi dengan pola makan yang lebih sehat, menjaga pola tidur dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *