Sebuah tausiah singkat atau ceramah agama sering kita dengar dan saksikan di televisi maupun radio. Bahkan, kita juga menyaksikannya langsung di masjid-masjid yang sedang ada kegiatan keagamaan ataupun acara sosial. Ceramah seperti ini biasanya berguna sebagai pembuka atau penutup sebuah acara atau event.

Pengertian dan Jenis-jenis Tausiah Singkat

Tausiah sendiri memiliki pengertian pesan. Tausiah merupakan penyampaian atau syiar yang berisi pengajaran dari suatu agama, misalnya saja agama Islam yang sering mensyiarkan ajaran-ajarannya yang dilakukan oleh seorang ulama, ustadz ataupun ustadzah dan penyampaiannya dengan tidak resmi.

Istilah ceramah memang agak sedikit bergeser fungsi dan pengertiannya dengan istilah lainnya. Bagaimana perwujudan tausiah-tausiah itu dan bagaimana fungsinya dalam beberapa momen atau acara-acara tertentu.

Kultum (Kuliah Tujuh Menit)

kuliah tujuh menit kultum

Kultum atau kuliah tujuh menit merupakan salah satu jenis tausiah singkat yang sering dilakukan untuk membuka sebuah acara. Di beberapa acara seperti pengajian, acara-acara sosial ataupun perayaan khitanan sering dilakukan kultum sebagai pembuka acara sebelum acara utama dimulai.

Bahkan, bisa juga dilakukan sebagai penutup setelah acara utama. Sebagai pengingat bahwa ada beberapa pesan singkat yang ingin disampaikan tidak hanya pada pemilik acara melainkan juga pada orang-orang yang hadir dan terlibat dalam acara tersebut.

Melalui tausiah singkat yang diberikan dalam bentuk kultum, isi dari ajaran yang ingin diberitahukan kepada banyak orang tersampaikan. Masing-masing kultum pun juga memiliki tema disesuaikan dengan tema acara atau sesuatu yang ingin disampaikan terkait kondisi yang sedang dialami atau terjadi.

kuliah tujuh menit kultum

Ceramah Pernikahan

ceramah pernikahan

Dalam momen seperti ini memang selalu dilakukan penyampaian sebuah tausiah singkat. Dimana pada sebuah akad nikah atau ijab kabul suatu pernikahan akan diberikan sebuah tausiah mengenai ceramah pernikahan. Biasanya dilakukan oleh sang penghulu setelah selesai menikahkan pengantin.

Ceramah berupa wejangan atau nasihat pernikahan mengenai berbagai pengajaran tentang pernikahan pada pengantin yang sedang menikah. Dalam ceramah pernikahan memang dilakukan secara singkat, sesuai dengan yang dibuat oleh pak penghulu sekedar menyinggung situasi pernikahan yang akan dialami pengantin kelak.

ceramah pernikahan

Ada juga sebuah kondisi dimana ceramah juga dilakukan pada hari perayaan lainnya seperti perayaan khitanan anak, atau aqiqah untuk kelahiran seorang anak. Momen-momen tersebut juga sering melakukan tausiah singkat sebagai penerapan dalam memasukkan peran atau fungsi agama dalam berbagai perayaan, agar tidak berkesan hanya sekedar hura-hura atau merayakannya saja tetapi juga dijadikan renungan dan doa pada saat berbahagia merayakan momen-momen tertentu.

Khutbah

khutbah

Jenis tausiah singkat ini berupa khutbah yaitu merupakan ceramah dalam sebuah kegiatan agama terutama Islam pada suatu ibadah tertentu, misalnya saja khutbah jumat. Semuanya pasti sudah mengatahui bahwa salat jumat itu memang selalu diawali dengan khutbah yang menjadi sebuah kewajiban sebelum dimulainya salat.

khutbah

Pada kondisi lain, khutbah juga dilakukan pada momen-momen tertentu seperti hari raya atau hari besar. Pada saat menjalani salat ied, khutbah juga akan dikumandangkan setelah selesainnya salat.

Tausiah memang lebih bersifat pribadi yang dilakukan secara tidak resmi dalam penyampaian. Beberapa jenis tausiah singkat sudah dijabarkan di atas, mengenai bagaimana dan pada saat apa tausiah tersebut disampaikan.

Dengan begitu, tausiah singkat tersebut dapat bermanfaat pada acara yang sedang diadakan dan berpengaruh pada orang-orang di dalammya yang membuat acara-acara spesial tersebut. Apapun jenisnya, tausiah bisa sangat bermanfaat dalam kehidupan semua orang terutama bagi yang  mendengarkan.

Itulah tadi beberapa contoh tausiah yang dapat anda gunakan sebagai contoh untuk melakukan tausiah. Baca juga postingan terbaru kami tentang harga kubah masjid modern. Tunggu juga postingan kami selanjutnya. Demikian postingan kali ini, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *