Kita sebagai manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari tak lepas dari informasi. Informasi merupakan nilai yang penting bagi kehidupan, sebab membantu kita dalam memperoleh pengetahuan baru dan meningkatkan kemampuan.

Sumber-sumber informasi disebut literatur dan dapat kita peroleh baik dalam wujud tulisan, maupun dalam bentuk rekaman, laser desk, piringan hitam, kaset, film dan sebagainya. Literatur sendiri sejatinya merupakan hasil pikiran manusia yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk memperoleh dan mengembangkan wawasan baru.

Pengertian Literatur

Pengertian Literatur

Secara umum, literatur dapat diartikan sebagai segala karya yang tetulis dan dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dalam melakukan kegiatan dengan tujuan mengedukasi maupun hiburan semata. Diartikan dari Bahasa Inggris, literatur diambil dari kata “liiterature” yang memiliki arti kesustraan dalam wujud drama, puisi, maupun novel. ALA Glossary of Library and Information Science mendefinisikan literatur sebagai bahan bacaan untuk acuan dalam berbagai aktivitas manusia, baik intelektual maupun rekreasi.

Jenis Literatur

Jenis Literatur

Literatur dapat dikategorikan menjadi 3 jenis, yakni sebagai berikut

Berdasarkan Sifat Literatur

  1. Dokumen Tekstural: merupakan jenis literatur yang memuat informasi dalam wujud teks dan dapat dibaca penggunanya.
  2. Dokumen Non-tekstural: adalah jenis literatur yang mengandung informasi berbentuk gambar, foto, suara, dan lain sebagainya.
  3. Dokumen Campuran: jenis literatur yang menggabungkan teks dengan foto, suara, gambar, maupun bentuk dokumen non-tekstural lainnya.

Berdasarkan Penempatan Koleksi Literatur

  1. Koleksi Umum: jenis ini terdiri dari beragam jenis bacaan untuk pembaca dewasa. Biasanya dapat ditemui di rak terbuka dan dapat digunakan oleh siapapun dengan bebas. Contoh literatur koleksi umum adalah komik, novel, serial, dan buku-buku populer lainnya.
  2. Koleksi Referensi: biasanya jenis literatur ini memuat kumpulan informasi sebagai jawaban dari pertanyaan yang dimiliki pengguna. Contohnya ensiklopedi, direktori, kamus, buku pedoman, dan lainnya. Koleksi referensi juga dapat berwujud kumpulan informasi yang memberikan rujukan kepada informasi lain atau menunjukkan di mana pengguna dapat menemukan informasi yang dicari. Misalnya, bibliografi dan katalog.

Berdasarkan Tingkat Ketajaman Analisis Literatur

  1. Literatur Primer: merupakan karya tulis asli yang menggandung kajian teori baru, atau penjelasan gagasan dalam berbagai bidang ilmu. Jenis literatur ini dapat berbentuk laporan penelitian, paten, disertasi, makalah seminar, dan artikel ilmiah.
  2. Literatur Sekunder: adalah literatur yang membuat informasi tentang literatur primer. Informasi yang terdapat dalam literatur sekunder merupakan ringkasan atau indeks dari literatur primer, sehingga literatur sekunder tidak memuat informasi baru, melainkan pengulangan dan penataan kembali pengetahuan yang telah ada. Beberapa contoh literatur sekunder adalah abstrak, majalah, ensiklopedi, surat kabar, buku pedoman, indeksi, dan lain-lain.

Tujuan Litertur

Tujuan Litertur

Berdasarkan definisi yang dikemukakan oleh ALA Glossary of Library and Information Science, literatur memiliki tujuan sebagai berikut.

  1. Membantu pengguna mencari informasi sesuai kebutuhan.
  2. Memperkuat hasil suatu analisis maupun hipotesa.
  3. Sebagai informasi pelengkap dari informasi terdahulu.

Manfaat Literatur

Manfaat Literatur

Berikut adalah beberapa manfaat dari sebuah literatur yang sangat penting untuk diketahui.

  1. Memberi penjelasan atau keterangan secara langsung dan mendasar tentang suatu hal untuk menghilangkan keraguan pengguna terhadap pengertian masalah tertentu.
  2. Memperkaya perbendaharaan kata pengguna.
  3. Mengetahui asal usul dan keadaan suatu negara atau tempat di belahan bumi yang lain, bahkan juga mengenai tempat-tempat yang belum dikunjungi sebelumnya.
  4. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan sumber informasi yang mendasar.
  5. Menunjang kegiatan penelitian.
  6. Membantu pustakawan dan pengguna dalam menelusuri informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *