Jika sedang berencana untuk mengirim atau membeli barang dari luar pulau, maka Anda perlu mempertimbangkan opsi pengiriman jalur laut. Angkutan laut adalah pilihan yang tepat untuk barang berat/banyak. Namun, tahukah Anda bagaimana proses pengiriman barang dengan kapal laut?

Sejak 2012, biaya pengiriman jalur laut telah turun secara signifikan dan ruang yang tersedia di kapal kargo, diperkirakan akan melebihi permintaan untuk pengiriman hingga tahun 2022. Artinya, pengiriman jalur laut kemungkinan akan tetap menjadi pilihan  populer dan hemat untuk beberapa tahun mendatang.

Apa Itu Pengiriman dengan Kapal Laut?

Pengiriman dengan kapal laut adalah metode umum pengangkutan barang antar pulau dan ke seluruh dunia menggunakan kapal kargo besar. Ada beberapa jenis angkutan laut, yaitu:

  • FCL (Full Container Load) alias beban kontainer penuh: satu kiriman dimuat ke dalam kontainer yang mungkin memiliki panjang antara 20 – 45 kaki (untuk barang-barang yang sangat besar). FCL dikenakan biaya per kontainer.
  • LCL (Less than Container Load) atau kurang dari muatan container: ditujukan untuk barang-barang yang terlalu kecil untuk mengisi seluruh kontainer. Jadi, barang Anda berada dalam satu wadah bersama dengan barang-barang orang lain dan akan dipisah di tempat tujuan. Biaya LCL dibebankan oleh cbm (meter kubik).
  • RORO (Roll on roll off): truk dan kendaraan darat lain yang mengangkut barang-barang akan ikut masuk ke dalam kapal, ikut berlayar, dan kemudian langsung pergi di tempat tujuan setelah kapal menepi.
  • Dry bulk shipping (pengiriman curah kering): pengiriman jalur laut khusus untuk komoditas seperti logam atau agregat, yang dapat dijatuhkan atau dituangkan langsung ke dalam palka kapal, jadi bukan dimuat ke dalam kontainer.

Apa Keuntungan Menggunakan Pengiriman Laut?

Pengiriman laut merupakan metode yang populer untuk mengimpor dan mengekspor barang dan komoditas, terutama barang konsumsi yang bergerak jarak jauh. Jenis pengiriman ini memiliki sejumlah keunggulan seperti berikut:

  • Pengiriman laut lebih hemat biaya untuk muatan berat, sekitar 4-6 kali lebih murah daripada pengiriman lewat jalur udara (dengan pesawat).
  • Bea masuk dan PPN lebih murah dibandingkan dengan angkutan udara, karena dihitung sebagai persentase biaya barang ditambah biaya ekspor (khusus untuk tujuan ke luar negeri).
  • Anda dapat mengirim barang yang lebih besar, seperti furniture dan bahkan mobil atau truk.
  • Operator spesialis dapat mengirimkan barang dari mana saja di dunia menggunakan angkutan laut.
  • Angkutan laut biasanya lebih ramah lingkungan dari pada angkutan udara.

Apa Kekurangan dari Pengiriman Laut?

Pengiriman laut juga memiliki beberapa kelemahan yang membuatnya tidak sesuai dalam beberapa kasus, yaitu:

  • Memakan waktu (butuh beberapa minggu untuk memindahkan barang menggunakan angkutan laut).
  • Struktur harga membuatnya kurang cocok untuk muatan kecil, yang terkadang lebih hemat biaya jika dikirim melalui udara atau menggunakan kurir darat.
  • Pengiriman laut lebih rentan terhadap kerusakan selama transit dibandingkan dengan angkutan udara. Meskipun pada kenyataannya sangat tidak mungkin seluruh kontainer akan hilang ke laut atau disita oleh bajak laut.

Bagaimana Proses Pengiriman Barang dengan Kapal Laut?

Tergantung pada apakah barang Anda LCL atau FCL, proses pengiriman akan sedikit berbeda, tetapi berikut garis besarnya:

  • Pertama, Anda harus menyiapkan barang beserta datanya. Pastikan bahwa barang yang akan dikirim tahan terhadap kemiringan, goncangan, dan gesekan, lalu kemas dengan sangat aman. Adapun data barang terdiri dimensi barang, jenis barang, jenis packing, serta alamat pengirim dan penerima.
  • Selanjutnya antarkan barang tersebut ke jasa pengiriman. Bisa juga dengan menggunakan layanan pick up (penjemputan barang).
  • Setelah itu, barang akan ditimbang ulang dan diperiksa seluruh data-datanya, untuk memastikan bahwa dimensi barang memang sesuai dengan fisiknya dan guna menentukan tarif pengiriman.
  • Pihak ekspedisi akan memberikan tanda terima pengiriman sesuai data barang, Anda membayar biaya kirim, dan stempel lunas akan diberikan.
  • Selanjutnya, pihak ekspedisi akan mengangkut barang Anda dengan transportasi darat ke kantor cargo kapal terdekat.
  • Jika barang Anda adalah LCL, maka akan dimuat ke dalam wadah bersama. Jika berupa FCL, barang akan dimuat ke dalam satu wadah.
  • Selanjutnya, kontainer dimuat ke dalam kapal yang tersedia dan akan berlayar ke tempat tujuan Anda.
  • Begitu barang sampai di tempat tujuan, barang akan diproses oleh pihak cargo kapal di sana untuk selanjutnya dikirimkan ke alamat penerima. Terkadang juga pihak cargo akan menghubungi nomor telepon penerima dan penerima akan mengambil sendiri barangnya.

Jasa Pengiriman Mana yang Rekomended?

Jika pengiriman laut adalah opsi yang tepat untuk Anda, sekarang harus mencari jasa ekspedisi yang dapat membantu mengirimkan barang ke cargo kapal dengan aman dan legal. Sebagai salah satu pilihan, Anda bisa menggunakan jasakirim.id.

Bagi Anda yang tinggal di Kota Kediri, Tulungagung, Blitar, Trenggalek, atau kota-kota terdekat lainnya, bisa langsung datang ke kantor jasakirim.id. Lokasinya berada di Jl. Merak No. E21, Jongbiru, Kecamatan Gampengrejo, Kota Kediri, Jawa Timur.

Sedangkan untuk Anda yang kebetulan tidak bisa mengantarkan barang ke lokasi, jasakirim.id juga menyediakan layanan penjemputan barang dengan tarif yang bervariasi. Tarif tersebut tergantung pada seberapa jauh lokasi Anda dan berapa bobot barangnya. Kelebihan lain dari jasakirim.id adalah:

  • Bergaransi.
  • Bisa mengirim ke berbagai kota dan provinsi di Indonesia.
  • Tersedia tiga jalur pengiriman (darat, laut, udara).
  • Bisa mengirim berbagai barang, kecil maupun besar, seperti motor, furniture, mesin, bahan bangunan, motor, dan bahkan mobil.
  • CS ramah dan respon cepat.

Meski terlihat rumit, proses pengiriman barang dengan kapal laut sebenarnya cukup mudah jika Anda bisa memilih ekspedisi yang tepat seperti jasakirim.id. Anda hanya perlu mengemas barang, kurir akan mengambil, dan pihak jasakirim.id akan mengurus sisanya.

Salah satu jasa pengiriman lewat kapal laut kami untuk keluar pulau adalah Jasa Ekspedisi Surabaya Makassar, jasa tersebut telah banyak dipakai orang dan telah mendapat rating baik.

Untuk soal pengiriman barang lewat kapal serahkan semua ke Jasakirim.id, yang sudah cukup berpengalaman bertahun tahun dalam melayani pengiriman barang lewat kapal laut. Sekian artikel singkat ini, semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *