Mustahil jika ada seseorang yang tidak tahu tumbuhan. Tumbuhan adalah salah satu elemen sumber daya alam yang dapat diperbarui yang pastinya sangat membantu menunjang kehidupan manusia di muka bumi. Berbagai jenis tumbuhan hidup di bumi dan tentunya setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan kondisi tanah dan perairan yang ada di wilayah tersebut. Maka dari itu, ada peta persebaran flora di Indonesia yang terbagi sesuai wilayah karena kondisi tanah wilayah yang berbeda-beda. 

Tumbuhan atau biasa disebut sebagai flora ini tumbuh merata di bumi. Hanya  saja beberapa di antaranya adalah jenis endemic yang tersebar sesuai dengan jenis tanah. Keanekaragaman flora di Indonesia termasuk sebagai yang paling tinggi di dunia. Bahkan di flora di Amerika dan Afrika kalah jumlah keanekaragaman floranya. Apalagi dibandingkan dengan negara beriklim sedang dan dingin. 

Persebaran Menurut Wilayah

Persebaran Menurut Wilayah

Flora memang paling umum dibedakan sesuai wilayahnya. Dimana flora itu tumbuh, maka memiliki ciri khas yang pasti selalu membedakan satu tanaman dengan tanaman lainnya. Untuk itu, bagi Anda yang belum tahu bagaimana pembagian wilayah dari flora yang tersebar di Indonesia, berikut terdapat 3 wilayah di Indonesia yang membedakan jenis flora di Indonesia. 

1. Bagian Barat

Wilayah bagian barat Indonesia sangat terkenal dengan hutan tropis yang besar dan luas. Pastinya didominasi oleh keadaan tanah yang selalu basah karena kawasan ini memiliki curah hujan dan kelembapan tanah yang tinggi. Jenis flora di wilayah ini memiliki kesamaan dengan flora yang ada di Benua Asia.

Flora tipe Asia memiliki ciri khas sendiri yang mana sangat khas. Pertama yaitu, flora di wilayah ini memiliki berbagai tanaman kayu yang kuat dan memiliki harga jual yang tinggi. Karena kelembapan tanah yang tinggi, maka tanaman tumbuh subur dan tak sedikit yang memiliki batang pohon besar. Pohon seperti jati, meranti, mahoni, sengon dan sejenisnya tumbuh di hutan tropis wilayah barat ini. 

Ciri khas dari pepohonan di hutan tropis wilayah ini juga memiliki daun berwarna hijau segar, karena banyak kandungan air yang didapat membuat tanaman tumbuh subur. Kemudian tanaman di wilayah ini juga memiliki sifat heterogen. Uniknya lagi, di wilayah ini banyak dijumpai kawasan hutan bakau yaitu di antaranya berada di pantai Timur provinsi Sumatera, wilayah pantai barat dan selatan Kalimantang hingga bagian barat pulau Jawa. 

2. Bagian Tengah

Flora di bagian barat ini meliputi wilayah Sulawesi dan kepulauan yang ada di sekitarnya seperti Kepulauan Nusa Tenggara, Bali, Lombok dan sekitarnya. Berbeda jauh dari hutan di bagian barat, Anda tidak akan menemukan hutan lebat di bagian tengah. Rata-rata hutan yang berada di bagian tengah adalah hutan semusin atau hutan homogeny yang tidak begitu lebat pepohonan di dalamnya. Bahkan di wilayah Nusa Tenggara, hutan tidak akan anda temukan melainkan sabana dan stepa yang Anda temukan. 

Sabana adalah wilayah padang rumput luas yang biasanya terdapat tumbuhan kayu di dalamnya. Sementara stepa adalah tanah kering yang biasanya ditumbuhi tanaman belukar atau ilalang di dalamnya. Wilayah padang rumput dan tanah kering ini biasanya berada di wilayah yang curah hujannya relative sedikit. Kebanyakan tumbuhan yang tumbuh di wilayah ini adalah tumbuhan palma, cemara dan pinus. 

3. Bagian Timur

Menuju Indonesia bagian timur, hampir seperti kembali pada kondisi hutan tropis di wilayah Indonesia bagian barat, hanya saja jenis tanaman yang berada di bagian timur sangat berbeda. Peta persebaran flora di Indonesia memang memiliki ciri khas masing-masing.  Jika di wilayah barat kebanyakan tanamannya mirip dengan tanaman di benua Asia, flora di bagian timur malah cenderung mirip dengan tanaman di benua Australia. 

Salah satu flora khas bagian timur adalah bunga anggrek. Sedangkan jenis flora khas yang ada di wilayah Paparan Sahul atau di Irian Jaya yaitu terdiri dari tiga jenis yakni Pohon Sagu, Nipah dan Pohon Mangrove. Curah hujan di wilayah bagian timur termasuk cukup tinggi, maka dari itu jenis tumbuhannya pun beragam dan beberapa di antaranya memiliki ukuran yang besar. 

Pesebaran Menurut Iklim

Pesebaran Menurut Iklim

Berbeda dengan persebaran sesuai wilayah, peta persebaran flora di Indonesia juga bisa disebabkan karena iklim yang berbeda-beda. Walaupun dipisahkan sesuai tanah yang ada di wilayah tersebut, tapi biasanya dalam satu wilayah memiliki beberapa cuaca ekstrem yang berbeda. Maka dari itu, ada beberapa jenis tanaman yang tumbuh secara berkelompok yang tumbuh karena iklim di daerah tersebut. Berikut adalah contoh persebarannya :

1. Hutan Mangrove

Hutan ini sangat khas dengan suasana pantai tropis. Ciri tumbuhan ini memiliki akar napas yang tergantung dari batangnya. Benih dari tanaman ini bisa mengapung selama berbulan bulan di aur laut tapi jika terdampar di daratan ia masih bisa tumbuh. Biasanya tanaman ini tumbuh di pantai timur pulau Sumatera, Pantai Kalimantan Tengah, Papua, dan sebagian besar ada di daerah pantai di seluruh dunia. 

2. Hutan Lumut

Hutan ini terdiri dari pepohonan yang batang-batangnya ditumbuhi lumut. Ini sudah pasti berada di tempat yang jauh dari permukaan laut, memiliki vurah hujan tinggi dan kelembapan tanah yang tinggi dan suhu wilayah rendah. Biasanya berada di pegunungan dan atau hutan-hutan tropis di Papua, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Jawa. 

3. Hutan Rawa

Hutan yang banyak tumbuh di Kalimantan Barat dan Kalimantan tengah ini memiliki ciri khas luas wilayah yang luas. Karena kondisi tanahnya yang berair, tidak banyak tanaman kayu yang tumbuh bagus di daerah tersebut. namun sebagai gantinya, tanah basah di dalamnya sangat menguntungkan untuk digunakan sebagai tanah pertanian. 

4. Hutan musim

Hutan ini juga disebut sebagai hutan homogeny karena biasanya hanya tumbuh satu pohon. Ciri-ciri hutan seperti ini adalah gugurnya daun saat musim kemarau. Banyak ditemu di Jawa Tengah, Jawa Timur sampai Nusa Tenggara yang pohonnya adalah cemara, jati, pinus dan sejenisnya. 

5. Hutan Hujan Tropis

Hutan ini bisa disebut sebagai hutan rimba yang memiliki pohon dengan daun lebat. Disebut juga sebagai hutan heterogen karena tanaman yang tumbuh di hutan tersebut sangat beragam. Hutan ini biasanya dihujani setiap tahunnya, alias tidak ada musim kemarau panjang untuk hutan seperti ini. Banyak ditemui di Sumatera, Kalimantan dan Papua. 

6. Stepa

Stepa adalah wilayah padang tanah yang kering. Tanaman yang bisa tumbuh di daerah seperti ini biasanya hanya rerumputan atau ilalang. Karena hujan berasal dari bagian barat, angin dan hujan yang dibawa ke bagian ini biasanya sudah kering dan panas. Biasanya terdapat di daerah Nusa Tenggara dan sekitarnya. 

7. Sabana

Berbeda dengan stepa, sabana juga sebuah padang rumput tapi biasanya tumbuh semak-semak atau pepohonan di sekitar wilayah tersebut. Cuacanya di daerah tersebut bisa sangat panas dan kemaraunya amat panjang. Selain di bagian Indonesia tengah seperti Nusa Tenggara dan Madura, dataran tinggi Gayo (Aceh) yang biasanya dijadikan wilayah peternakan juga dihampiri lokasi sabana. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *